Lubuklinggau / 16 April 2020, Ada yang berbeda saat “Pandemi Corona” khususnya Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada Mahasiswa Prodi Keperawatan Lubuklinggau TA 2019/2020 yang selama ini Mahasiswa berada di daerah binaan, akan tetapi kali ini mereka harus stay at home.

Sejak tanggal 6 s.d 17 April Mahasiswa Keperawatan Lubuklinggau melaksanakan PKL dari rumah mereka masing-masing, akan tetapi tetap dengan bimbingan para Dosen melalui media on-line seperti Telegram, WhatsApp, Email, Zoom ataupun media online lainnya sesuai dengan kesepakatan dengan CI Pendidikan.

Adapun kompetensi yang dicapai selama PKL di rumah tetap diusahakan memenuhi kompetensi PKL dengan tema “kegawatdarutan bencana” dalam hal ini bencana non alam penanggulangan wabah COVID-19 di lingkungan masing-masing Mahasiswa.

Walaupun berada di rumah saja, akan tetapi mereka mempunyai beberapa produk yang nantinya harus diselesaikan pada akhir PKL, antara lain media penyuluhan kreatif dalam bentuk 3D (Tiga Dimensi), menggunakan alat bekas atau peralatan yang ada di rumah tidak dianjurkan untuk keluar rumah membeli penunjang peralatan serta membuat video kreatif pencegahan COVID-19 dengan memperhatikan prinsip-prinsip pencegahan penularan COVID-19.

Banyak hikmah yang bisa diambil dari pandemi saat ini, salah satunya membuat pemikiran Mahasiswa dan tenaga pendidik lebih kreatif dan innovatif. —KS—

Leave a Comment

five × 2 =