Prodi keperawatan lubuklinggau telah melaksanakan Ujian seminar hasil. Ujian seminar hasil ini diwajibkan bagi mahasiswa semester akhir. Ujian ini adalah bagian dari proses akademik untuk mengevaluasi hasil penelitian mahasiswa sebelum mereka menyelesaikan masa program studi.
Proses ini melibatkan presentasi hasil penelitian yang telah dilakukan dihadapan dosen pembimbing dan penguji. Hal ini memiliki tujuan yaitu untuk memastikan bahwa mahasiswa mampu:
1) Menyusun laporan penelitian yang baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmiah.
2) Menyajikan hasil penelitian secara jelas dan sistematis.
3) Menjawab pertanyaan dan kritik dari penguji dengan argumen yang kuat berdasarkan data dan fakta yang diperoleh selama penelitian.
Proses seminar hasil biasanya melibatkan beberapa tahap, yaitu:
1) Persiapan dan Pengumpulan Data: Mahasiswa mengumpulkan data penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis.
2) Penulisan Laporan Penelitian: Menulis laporan yang mencakup latar belakang penelitian, metodologi, hasil penelitian, dan kesimpulan.
3) Presentasi Seminar: Menyajikan hasil penelitian dalam bentuk presentasi di hadapan penguji.
4) Diskusi dan Tanya Jawab: Mahasiswa menjawab pertanyaan dan kritik dari dosen penguji untuk memastikan pemahaman mendalam tentang topik yang diteliti.
Seminar hasil ini merupakan langkah penting sebelum mahasiswa D3 keperawatan lubuklinggau dapat melanjutkan ke tahap akhir dari pendidikan. Diharapkan proses seminar hasil ini dapat berjalan lancar dan tidak terdapat kendala kedepannya. Semangat untuk mahasiswa Tingkat III. Penulis: (Santri SM)

Leave a Comment

2 × one =